Penyesalan Yang Tidak Berujung

Seperti yang banyak dialami tiap manusia, penyesalan selalu datang di akhir. Setelah semua yang dilakukan dan berharap sesuai yang sudah direncanakan, ternyata hal tersebut justru membuat kita terjatuh. Jadi menimbulkan banyak penyesalan yang dirasakan.

Penyesalan bisa berupa apapun misalkan tidak mengambil kesempatan pekerjaan, salah memilih jurusan kuliah dan lainnya. Penyesalan bisa terjadi jika apa yang sudah kita rencanakan tidak sesuai dengan harapan. Bukan hanya soal merasa salah mengambil keputusan, tetapi bisa juga karena tidak melakukan tindakan.

Sebenarnya apa, sih, penyesalan itu?

Penyesalan bisa dikatakan keadaan emosi yang negatif, yang menyalahkan diri sendiri atas rasa kehilangan suatu hal yang dirasakan terjadi. Rasa penyesalan memang tidak selalu harus sesuatu yang salah. Justru bisa menjadi dorongan bagi seseorang untuk hal yang lebih baik lagi.

Ada beberapa hal yang aku sesali saat ini, seperti aku tidak belajar bahasa inggris dengan sungguh – sungguh diwaktu dulu. Sekarang bahasa inggris sangat dibutuhkan untuk membantuku dalam menulis blog ini. Aku minder tidak terlalu lancar dalam berbicara terutama. Namun aku tidak menyerah dengan keadaan.

Baca juga : Aktivitas Bermanfaat di Akhir Pekan

Yang kedua aku pernah salah menyayangi seseorang pada kala itu ya perkara cinta lagi. Kenapa aku sebut penyesalan karena kenapa aku tidak sadar dalam waktu itu kenapa baru akhir akhir ini. Dan hal tersebut juga membuat aku trauma dan takut akan sesuatu kejadian yang terjadi pada saat itu.

Rasa penyesalan ini terasa begitu dalam sehingga selalu merasa salah dengan keputusan yang dilakukan. Dan terlalu fokus pada kesalahan yang telah diperbuat pada masa lalu hingga meratapi hasilnya didapatkan sekarang.

Penyesalan dapat memberikan dampak yang bisa merusak pikiran dan tubuh jika terus dipelihara dalam pikiran.

Terimalah bahwa apa yang sudah terjadi, yang berlalu biarkanlah berlalu. Yang terpenting sekarang aku sudah memafkan masa lalu itu dan sekarang fokus menata masa depan. Tegaskan hal-hal apa yang ingin dicapai dengan menuliskannya dalam sebuat daftar. Hal ini sangat membantuku mengarahkan langkah apa yang selanjutnya yang harus dilakukan.

Thanks for reading and see you on my next post! ♥

Facebook komentar

Comments are closed.